PENGUNJUNG TIDAK KURANG 100 ORANG PER HARI

Posted on 6 Februari 2009

0


 

”Di Songgoriti terdapat bangunan yang ber-Sejarah. Sebuah Candi kuno. Pengunjung bisa melihat sumber Air panas di sampingnya. Jika pengunjung ingin bermalam, di Tempat ini juga disediakan Hotel khusus”.

 

Di Songgoriti ada sebuah Candi. Dalam catatan Candi ini merupakan Candi tertua di Jawatimur. Candi ini di bangun pada masa pemerintahan Pu Sendok pada abad IX-X M. Di sebutkan bahwa Candi ini dari Jawatengah yang dipindah ke-Jawatimur. Pembuat Candi adalah Van I Jssel Digh pada Tahun 1749. Bangunan Candi berbentuk bujur sangkar. Ukuran 14,63 m. x 10,10 m. Dengan tinggi 2,44 m. Candi ini mengalami beberapa Renovasi pada masa Righ Tahun 1848. brummund Tahun 1863-1902.

 

Kemudian kenebel pada situs Candi Probudur Tahun 1936-1946, menanamkan Investasi. Candi ini sering di kunjungi ummat Hindu untuk berdoa. ”Umat Hindu Hari-hari besarnya” ungkap Subrio. Selain itu di tempat yang sama ada dua sumber Air panas. Sumber Air panas tidak begitu jauh dari Candi. Sekitar Sepuluh Kaki. Sumber Ari panas bergolak seperti Air yang di masak. Setiap pengunjung dapat melihat langsung tempat sumber Air panas.

 

Pengunjung sangat ramai. Menurut pak Subrio penjaga. Setiap harinya tidak kurang dari 100 orang. Orang yang mandi dikenakan tarif .

 

”Setiap pengunjung yang mandi per-30.menit Rp. 5000,” Unkap pak Subrio.

 

Kemudian pada masa Pemerintahan suwiknyo Candi ini dikelola pemda. Kemudian sarananya ditambah. Hotel dengan areia se-Luas 4 Hektar. Setiap pengunjung yang datang akan langsung melihat bangunan Candi. Karna kebetulan Candi ini di sebelah kanan jalan masuk.

 

Selain terdapat bangunan Candi, di Areia se-Luas 4 Hektar ini, kini dilengkapi dengan fasilitas Hoterl. Harga Hotel ini pun berfariasi harganya. Kata salah satu penjaga pak Subrio satu Malam Rp. 250.000 – Rp. 450.000. Bukan hanya itu saja biasa pengnjng bisa menik mati pemandang yang sangat refresentatif dengan aneka keleksi bunga.

 

Menurut sekuriti Hotel pak Subrio. Hotel ini di bangun pada masa Pemerintahan Suwiknyo pada Tahun 1973. pembangunan Hotel ini ini disambut meriah oleh seluruh masarakat. Karna Masarakat akan mendapat penghasilan tambahan. Dari setiap pengunnjung. Akan tetapi tidak sedikit yang kontra pada pembangunan Hotel ini. Karna masih ada sebuah pandangan akan semakin terjadi degradasi moral.

 

Aka tetapi perdebatan itu tidak berlangsung lama. Pemda tetap melakukan pembangunan Hotel. Karna Pemerintah memandang hal itu merupakan sebuah inkkam tersendiri bagi Pemda Malang.

 

Karna tidak layak pakai pemandian Aiar panas ditutup. Menurut seroang ibu penjual kopi. Semenjak pemandian di tutup orang tidak begitu ramai datang seperti saat ada pemandian. Dampak dari penunutupan amat dirasakan oleh ibu penjual kopi.

 

”Pemandian Air panas ditutup bertepatan dengan lutusan Lapindo,” Papar penjual Kopi.

 

Keterangan itu dibenarkan oleh pak Subrio. Menurutnya penututupan dilakukan karna akan di lakukan renovasi. Namun menurutnya renovasian itu tidak dapat dipastikan, karna hal itu kembali pada pendanaan.

 

”renovasi ini ngolor karna karna dana” Ungkapnya sambil melihat pemandangan yang tidak asing lagi baginya.

 

”Menurunya inkkam dari pemandian Air panas jelas” Paparnya.

 

Tetapi itu tidak begitu berpengaruh besar. Karna di sini tidak hanya berpusat pada pemandian Air panas. ”Di sini kan ada Hotel, jadi kini terfokus pada pemasan Hotel” tambahnya.

 

Terlihat dari bawah beberapa pelayan Hotel yang sedang sibuk menata kursi. Dan dari belakang laki-laki yang tidak begitu tinggi membawa beberapa peralatan, Kabel, Mik dan Pot Bunga. Disampingnya dua orang sedang mondar mandir memperhatikan seisi Ruang.

 

”Itu nanti akan ada pertemuan” Ungkap Subrio.

”Itu yang mondar mandir penata ruang” Kemudian pak Subrio terus jalan-jalan mengajak 2 orang tamunya.

 

Keunikan candi dan tata arsitek menambah elegannya wisata Batu khususnya Hotel Candi songgori. Suana sejuk akan dirasakan oleh pengunjung. Tata ruang Hotel yang rapi semakin memper indah dan membuat pengunjung nyaman.

 

Bersambung …….!!!!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posted in: Uncategorized