SEBUAH NARASI PADA PENYAMPAIAN MTI (MANAJEMEN TEGNOLOGI INFORMASI) TAHAP I

Posted on 16 Januari 2009

0


 Artikel Komputer

Oleh : MAHMUDI (07130003)

 

Tugas ini merupakan tugas kahir yang diberikan oleh bapak Novi Dian ST selaku Dosen pembimbing

 

Praktek tanpa teori adalah untuk orang idiot dan gila, sedangkan teori praktek hanya untuk orang-orang jenius( Dr.Gunning, dikutip Langeveld, 1955).

 

Disini saya akan menguraikan kembali materi yang telah saya dapat dari Dosen Manajement Tegnologi Informasi (MTI) Bapak Novi Dian S.T. Pada penyampaian materi pertama kali saya dan juga teman-teman lain mendapatkan materi sistem Koputer. Pada penyampaian inilah saya dan juga teman-teman baru mengetahui tentang sistem dan perangkat kmputer secara detail dan terperinci. Awalnya saya hanya tahu komputer sekedarnya saja.

Memang secara tidak langsung apa yang disamapaikan beliau nampak sederhana dan teman-teman bisa menebak sistem komputer ya itu-itu itu saja, sperti diketahui semenjan SMP/SMA. Beliau jaga mengakui hal itu, bahwa dari teman-teman mungkin sudah ada yang tahu akan sistem komputer itu, ”mungkin kalian sudah tahu hal ini, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita perdalam lagi” ungkap beliau saat menenerangkan di depan.

Saat penyampaian materi sempat ada kendala yang dirasa oleh teman-teman, hal itu dikarnakan alat instrumen seperti LCD, yang seharusnya ada pada waktu pertama penyampaian tidak ada. Akan tetapi dengan pengalaman dan kemampuan beliau dalam menyampaikan materi hal itu bisa disiasati dengan baik, pepatah mengatakan ”tak ada rotan akarpun jadi”

Dosen pembimbing mengatakan ”Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu” beliau memperlihatkan slide yang ada di loptopnya sambil berjalan pasa setiap masing masing mahasiswa/inya. Ya belia membaca untuk beberapa (tiga-empat) kali sambil berjalan.

Mahasiswanya pun hanya bisa melongo sambil memperhatikan tampilan slide itu. Memang agak disayangkan pelajaran yang seharusnya bisa ditangkap oleh mahasiwa secara baik, terkendala oleh kurangnya fasilitas ”LCD”.

Sebenarnya LCD ada, namun keberadaan LCD yang terbatas tidak memungkinkan bagi dosen-dosen untuk mamanfaatkan fasilitas ”LCD” itu. Pada satu hari tepatnya ketika mahasiswa kelas IPS A akan melakukan presentasi saat pelajaran study, kebetulan saat itu yang menjadi intstruktur Fiqih adalah ibu Sulalah, beliau meminta pada anak-anak kelas agar nanti ketika melakukan presentasi agar memanfaatkan LCD, akan tetapiu apa yang terjadi saat menjelang presentasi LCD itu telah dipakai oleh kelas lain. Persolan ini sebenarnya telah dirasakan oleh jurusan ”bahwa kelengkapan fasilitas seperti LCD memang selaknya memadai” hal itu disampaikan oleh kajur IPS M. Yunus didepan kelas A saat menaympaikan pelajaran Kewirau Sahaan. ”jika kalian ingin memanfaatkan fasilitas LCD agar memberitahu sebelumnya” tambah beliau, hal itu beliau katan agar nantinya anak-anak yang akan memakai LCD tidak terbentur.

Kasus itu juga dialami Deosen MTI, dimana pada saat akan menyampaikan materinya beliau menghimbah agar nanti disediakan LCD, akan tetapi LCD yang dibutuhkan saat itu tengah dipakai oleh dosen yang lain. Akhirnya seperti penyampaian-penyampaian pertama Dosen MTI akhirnya bisa memanfaatkan leptop dengan diperlihatkan pada mahasiswanya satu persatu.

Elemen – Elemen Sistem Komputer terdiri atas: pertama HARDWARE kedua SOFTWARE ketiga BRAINWARE” beliau menerangkan di depan anak-anak sambil memperlihatkan beberapa gambar yang ada di Leptopnya saat itu. Pada desain Power Poin itu terdapat gambar Computer dengan Keyboard. Ada gambar panah, desain-desain itu terlihat menarik, maklum yang membuat adalah pakr dibidangnya. Seperti yang disampaikan oleh Dosen mata pelajaran dasar-dasar pembelajaran, “seorang guru harus bisa menciptakan/membuat desain pembelajaran yang menarik dengan aneka bentuk dan warna, hal itu bisa dilakukan dengan penguasaan terhadap tegnologi, dalam hal ini seorang guru harus bisa mengaplikasikan desain pembelajaran dengan metede power poin” ungkap pak Drs. Nur Ali.

Kemudian pembelajaran Power Poin ini disampaikan oleh dosen MTI ketika saat menjelang kuliah MTI akan berakhir, menarik memang belajar komputer, menurut beliau “belajar komuter itu tidak butuh orang yang pintar akan tetapi orang yang memlki kemauan”. Memang apa yang disampaikannya ada benarnya.

Kemudian beliau menerangkan beberapa alat komptet seperti : DMA, I/O DEVICE (I/O Bus), MEMORY (Memory Bus) PROSESOR. Komponen itu berbentuk skema. Ada beberapa erangkat pendukung perangkat-perangkat itu berbentuk gambar, hal itu memudahkan teman-teman untuk langsung paham pada penyampaian materi.

Kemudian pada slide nampak terlihat bebera Alat Input terdiri dari : KEYBOARD, SENSOR, BARCODE READER, MOSE DAN OMR, semua itu mereukan alat input komputer seperti yang beliau terangkan didepan anak-anak. Sedangkan alat Output terbagi menjadi beberahal sebagai berikut : Monitor, speake, Printer dan OHP.

Beberapa jenis Input device yang digunakan memasukkan angka, character maupun symbol. Keyboard sendiri memiliki beberapa jenis alat: Keyboard degan port serial, Keyboard degan port PS 2, Keyboard degan port USB, Keyboard Infra Red

Menerutnya Input device yang digunakan menangkap sinyal analog dari lingkungan sekitar. Kemudian penyampaian itu beralan dengan menjelaskan beberapa jenis sensor antara lain: Sensor Panas, Sensor Asap, Sensor Kelembaban Udara dan yang lainya. Input device yang digunakan menangkap baris kode pada sebuah produk

Beberapa contoh barcode reader antara lain: Input device yang digunakan memindahkan kursor pada interface sistem operasi berfungsi sebagai pointing Beberapa jenis mouse antara lain: Mouse Serial, Mouse PS2, Mouse USB , dan Wireless Mouse (infra red). Input device yang digunakan membaca Lembar Jawaban Komputer

Penyampaian-penyampaian tersebut sebenarnya telah tersaji lewat presentasi powor poin. Karna pada saat penyampaian materi tidak ada LCD akhirnya, materi yang seharus memakai LCD, dengan terpaksa disampaikan dengan cara analog.

Monitor merupakan outpu device digunakan untuk menampilkan askara anngka, gambar baik diam atau bergerak, yang dijalankan oleh komputer dan diproseskan oleh VGA Card. Menurutnya ada beberapa jenis monitor antara lain: Monitor CRT (Cathode Ray Tube) Monitor dan LCD (Liquid Crystal Display).

Speaker Aktif merupakan output device digunakan menghasikan suara dijalankan oleh komputer dan diproseskan oleh Sound Card. Beberapa contoh speker aktif yang lain: Speaker Aktif merupakan output device digunakan menghasikan suara dijalankan oleh komputer dan diproseskan oleh Sound Card. Beberapa contoh speker aktif yang lain. Adalam contoh ini terdapat beragam jenis ukuran speker mulai yang berukuran panjang samapai pada ukuran yang sederhana.

Sedangkan OHP menurutnya merupakan output device digunakan menampilkan karakter, simbul maupun gambar diam maupun bergerak yang kendalikan oleh komputer maupun media lain,

Memory, memori merupakan media penyimpan pada komputer yang berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua jenis yakni primary memory dan secondary memory Primary Memory.

ROM BIOS merupakan media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data-data dan instruksi-instruksi untuk mengoperasikan alat input output. Seperti flopy, CDROM, Hardisk dll. Karakteristiknya non volatil, hanya bisa di baca.

RAM merupakan media penyimpanan dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Karakteristik dari RAM bersifat non volatil, kecepatan tinggi, aksesnya secara acak. Alat-alat itu di9terangakan secara lugas den mendetail. Teman-teman hanya diam, padahal pada sesi-sesi tertentu dosen memancing teman-teman untuk bertanya akan tetapi tidak ada satu pun yang bertanya. Entah apakah idak adanya pertanyaan itu, adalah mereka mengerti atau justru sebaliknya mereka buta sama sekali mengenai pengenalan prangkat koputer.

Karna tidak ada pertanyaan, maka belaiunya melanjutkan menerangkan pada prangkat selanjutnya yaitu : Secondary Memory, Secondary Memory merupakan media penyimpanan yang digunakan meyimpan data atau program biner secara permanen dan karakteristiknya non volatil, kecepatan relatif lebih rendah, akses random dan sequensial contohnya Hardisk, Floppydisk, CDROM, Flash disk dll. Metode aksesnya DASD(hardisk,flashdisk) dan SASD (magnetiktape).

Merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Diantara ada Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya. Prosesor mengalami perkembangan yang begitu pesat, diawali prosessor 8088 sampai dengan yang tercanggih saat ini Dual Core dan juga Quad Core prosessor Software/Perangkat Lunak dapat diklasifikasikan, saya tidak adapat menjelaskan kalsifikasi perkembangan prosesor, karma dalam penyampaian materi ini, disajikan melalui ganbar.

Bagian selanjut menjelaskan beberapa perangkat lunak. Perangkat Lunak Sistem Operasi => perangkat lunak untuk mengoperasikan komputer( Windows, Linux, Netware dll). Perangkat Lunak Utilitas =>program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll (Norto Utilities, McAfee, Partition Magic). Perangkat Lunak Aplikasi khusus => program yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan spesifik (Aplikasi Akuntansi, Aplikasi perbankan, aplikasi manufacture). Perangkat Lunak Paket Paket => merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti Ms-Office, Photoshop, Corel Draw

Bahasa pemrograman =>merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’.

Penyampaian materi peetama memang sangat luas itu dapat dilihat dengan satu kali pertemuan hampir mencakup secara keseluruhan. Ini juga menjadi suatu beban bagi teman-teman, karna dimungkinkan ada sebagian atau rata-tara dari mereka belum pahan atau buta sama sekali.

Namun karna penyampaian materi telah terkonsep sesuai RPP yang beliau rancang sebelum akhirnya materi tetap dilanjutkan pada mekanisme jaringan. Sebenarnya pada bagian ini memerlukan penguasaan dan waktu lama. Akan tetapi seperti yang telah disinggung di atas semua telah terprogran sesuai RPP. Jaringan Komputer berdasarkan media transmisinya terbagi atas dua jenis yaitu JARINGAN BERBASIS KABEL (WIRED NETWORKING) Jaringan dengan kabel menggunakan kabel Coaxial atau kabel UTP (CAT 4, CAT 5, 6) JARINGAN TANPA KABEL (WIRELESS NETWORKING) Jaringan menggunakan frekwensi radio ysng di psncsrksn melalui acess point atau Wireless Lan Card Sedangkan berdasarkan Luas area, jaringan terbagi atas: LAN (Local Area Network)MAN (Metropolitan Area Network) WAN (Wide Area Network) INTERNET (Interconected Network).

Materi-materi tersebut di atas merupakan materi ertama disampaikan oleh Dosen MTI selaku pembimbing. Semua materi yang beliau sampaikan telah mencakup baik, detail-detail penyampaian amat baik. Namun yang menjadi kebdala bagi teman, dan mungkin juga dosen sendiri adalah kuranng lat instrumen itu sendiri.

Sejak pertama penyampaian materi MTI, di kelas A khususnya tidak pernah ada praktek Ke Lab, dan hal ini juga menjadi sebuah kekurang yang mendasar yang dirasakan oleh teman-teman. Pemateri sebdiri tempo hari menyinggung bahwa belajar komputer itu butuh aplikasi, dalam artian komputer tidak dapat dipahami melalui toeri-teori saja. Memang alat/ teori itu tidak bisa dinisbikan, akan tetapi peraktek merupakan sebuah keharusan, mestinya.

Posted in: Uncategorized